Saturday, June 23, 2012

Latar belakang C++

Bahasa C++ diciptakan oleh Bjarne Stroustrup di AT&T Bell Laboratories Pada awal tahun 1980-an berdasarkan C ANSI (American National Standard Institute. Latar belakang C++ adalah Bahasa C yang sebelunya telah di perkenalkan oleh Martin Richards tepatnya pada thun 1972, prototype C++ muncul sebagai C yang dipercanggih dengan fasilitas class. Bahasa tersebut disebut C dengan kelas( C with class),Yaitu yang memfasilitasi pemrograman berorientasi objek.

Selama tahun 1983-1984, C dengan kelas disempurnakan dengan menambahkan fasilitas pembebanlebihan operator dan fungsi yang kemudian melahirkan apa yang disebut C++. Symbol ++ merupakan operator C untuk operasi penaikan, muncul untuk menunjukkan bahwa bahasa baru ini merupakan versi yang lebih canggih dari C.

Borland International merilis compiler Borland C++ dan Turbo C++.Kedua compiler ini sama-sama dapat digunakan untuk mengkompilasi kode C++. Bedanya, keunggulan Borland C++ selain dapat digunakan dibawah lingkungan DOS, juga dapat digunakan untuk pemrograman Windows.

Selain Borland International, beberapa perusahaan lain juga meriliscompiler C++, seperti Topspeed C++, dan Zortech C++. Tetapi supaya lebih gampang dimengerti saya merekomendasikan codeblock untuk compilernya


Contoh Program C :


# include 
Main ( )
{
Char pesan [ ] = “Hai, saya adalah seorang programmer C !” ;
Printf (pesan) ;
Return 0 ;
}


Bandingkan dengan source code Pemograman C++ berikut ini !

Contoh Program C++ :


# include 
Main ( ) 
{
Char pesan [ ] = “Hai, saya adalah seorang programmer C++ !” ;
Cout << pesan ;
Return 0 ;
} 

No comments: