Sunday, April 27, 2014

Cara Membuat Website

Perkembangan teknologi dan informasi seperti sekarang menuntut kita untuk sedikit berfikir Bagaimana menyampaikan informasi yang tepat?, tepat dalam arti kata banyak yang mengetahui apa yang kita promosikan atau informasikan.

Dijaman modern seperti sekarang banyak orang mencari informasi melaui internet, sebab dengan internet kita akan mendapatkan informasi yang aktual dan beragam, dan yang tak kalah penting adalah dengan intenet kita bisa mendapatkan informasi dari belahan dunia manapun, tanpa batasan (siapapun, kapanpun dan dimanapun).

Bagaimana agar informasi kita dapat diakses dengan intrenet ?

Seperti iklan atau berita pada umumnya, memerlukan sebuah media supaya informasi kita dapat disampaikan, baik melaui media elektronik (TV, Radio) atau media cetak (Majalah, Koran), Maka agar informasi kita dapat diakses oleh internet, kita membutuhkan sebuah media yaitu Website.

Bagaimana Cara Membuat Website ?

Banyak CMS (Content Management System) yang menyedikan template Website seperti Joomla, Wordpress, dll, akan tetapi untuk menyesuaikan template CMS tersebut agar sesuai dengan yang kita inginkan , maka kita harus memahami dulu Konsep membuat website dengan Html.

Pada Artikel Belajar Html Untuk Pemula, telah dijelaskan bahwa untuk membuat sebuah halaman website sederhana kita harus memahami dulu Apa yang dimaksud HTML?, Pada kesempatan kali ini Saya akan menjelakan Cara Membuat Website dengan menggunakan CMS Wordpress.

Berikut Langkah-langkahnya:

Langkah 1

Download terlebih dahulu CMS Wordpress di https://wordpress.org/latest.zip jangan Khawatir sebab Wordpress memberikannya secara cuma-cuma (Gratis).

Langkah 2

Kemudaian Copy folder wordpress hasil Extrac tadi , dan Paste di Directori :C/xampp/htdocs (Folder Wordpress berada pada Folder Htdocs). apabila Directori :C/xampp/htdocs tidak Anda temukan Berarti Anda belum memiliki Server dan Database untuk mendukung pembuatan Website ini, saran Saya Supaya Anda membaca dulu Cara Installasi Xampp , apabila Xampp telah terinstall Anda tinggal buka Xampp Control Panel lalu Klik Start Untuk Apache dan Mysql.


Cara Membuat Website
Xampp Control Panel

Langkah 3


Buka Web Browser (Mozilla/Google Chrome), Kemudian Ketik Localhost/Wordpress, apabila Anda mengikuti langkah langkah secara tepat, maka hasil yang akan ditampilkan oleh browser adalah seperti gambar di bawah :
Cara Membuat Website
Hasil yang ditampilkan browser ketika panggil 
Ini menandakan bahwa Wordpress sudah terinstal dengan benar, Kemudian Klik Create a Configuration File, Maka Browser akan merespon seperti gambar berikut:

Belajar Membuat website dengan wordpress
Tampilan setelah di klik Create a configuration file


Langkah 4

Dari hasil diatas Anda diharuskan memiliki database terlebih dahulu, Apabila anda mengalami kesulitan dalam membuat Database Silakan baca Cara Membuat Database menggunakan PhpMyadmin, apabila databse telah dibuat, kemudian Klik Let's go, Maka Anda akan diharuskan mengisi form seperti pada gambar berikut: 

Belajar membuat website dengan wordpress
Tampilan setelah di klik Lets Go

  • Isi kolom Database name dengan database yang telah anda buat (Asumsi Saya nama databasentya adalah "wordpress"),
  • Isi kolom User name dengan username untuk mengakses database anda (apabila anda menggunakan Xampp Username secara Default adalah "root"),
  • Isi kolom Password dengan Password untuk mengakses database anda (apabila anda menggunakan Xampp serta tidak pernah mengganti Pssword maka secara defaultnya adalah " ",  jadi anda boleh mengabaikannya (tidak perlu diisi)),
  • Untuk kolom Name Prefix anda bisa mengisinya secara default(tidak perlu diganti).
Kemudian Klik SUBMIT, maka Browser akan menampilkannya seperti gambar berikut :

belajar membuat website dengan wordpress
Tampilan setelah di klik Submit


Langkah 5

Klik Run the Install, maka anda diharuskan untuk mengisi Form seperti Gambar berikut:

belajar membuat website dengan wordpress
Tampilan setelah di klik Run the Install


Isilah Form tersebut dengan benar, apabila sudah diisi silakan Klik Install Wordpress, maka selanjutnya akan tampil seperti gambar berikut :

Belajar membuat website dengan wordpress
Tampilan setelah di klik Install wordpress


Ini menandakan bahwa proses installasi wordpress berjalan dengan benar, selanjutnya klik Log In, maka browser akan merespon dengan tampilan sebagai berikut:

belajar membuat website
Tampilan setelah di klik Log In


Sekarang anda disuguhkan Form untuk Login Isilah Username, dan Password sesuai dengan yang diisikan pada saat pendaftaran yang dilakukan sebelumnya. 

Catatan:
Ini adalah pintu masuk anda ke website jadi Gunakan Username dan Password yang aman untuk memproteksi website anda,

Setelah Username dan Password diisi, Klik Log In , maka anda sekarang masuk ke dalam menu administrator website anda, Berikut tampilan Menu administrator website tersebut.

belajar membuat website
Tampilan Utama Menu Administrator wordpress


Buat Posting Baru agar anda dapat melihat hasil dari website anda.

Langkah 6

Sekarang Ketik Localhost/wordpress kemudian Enter, Jika tampilan Website seperti gambar berikut berarti anda telah menguasai Bagaimana Cara Membuat Website dengan Wordpress.

Sekian mungkin yang dapat saya sampaikan tentang Bagaimana Cara Membuat Website, Tunggu artikel-artikel berikutnya.

Terima Kasih dan Semoga bermanfaat...!


No comments: