Friday, April 25, 2014

Mengenal Database MySQL

Bagi seorang Programer adalah suatu hal yang mutlak untuk Mengenal Database MySQL, sebab ketika kita akan membuat suatu program aplikasi baik berbasis website maupun Dekstop yang melibatkan banyak data didalamnya pasti kita akan memerlukan tempat untuk menyimpan data tersebut, contoh sederhana, ketika kita memiliki sekumpulan buku maka kita memerlukan loker atau lemari untuk menyimpan buku tersebut supaya buku tersebut tersimpan rapi dan gampang ditemukan jika kita memerlukannya.

Tidak jauh berbeda dengan lemari/loker, Database pun akan kita butuhkan ketika kita akan membuat program atau aplikasi berbasis komputer yang melibatkan banyak data didalamnya, jadi dapat kita simpulkan bahwa Database adalah tempat penyimpanan data digital yang terkomputerisasi.

Ada banyak jenis Database yang bisa kita gunakan diantaranya :
  • MySQL, 
  • Oracle,
  • Sql Lite,
  • Postgre Sql,
  • dll.
Pada Kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang MySQL, MySQL sendiri merupakan kependekan dari "My Structured Query Language", MySQL dibuat pada tahun 1994/1995 dan dikembangkan oleh sebuah perusahaan di Swedia yang bernama MySQLAB.

Salah satu keunggulan MySQL adalah Open Source (GRATIS)  bila dibandingkan dengan database yang lain, dari segi keamanan pun MySQL masih dapat diandalkan, selain itu Hampir semua Bahasa Pemrograman seperti  Pemrograman Java, Pemrograman Delphi, Pemrograman PHP, dll mendukung database MySQL.

Sekarang kita bisa mendapatkan MySQL satu paket dengan Apache(server local untuk latihan) jadi buat yang ingin belajar MySQL Saya sarankan untuk membaca dulu Installasi Xampp Sebagai dasar belajar PHP

MySQL termasuk kedalam kategori Database Management System, yaitu suatu database yang terstruktur dalam pengolahan maupun penampilan datanya. Dimana database diletakan di Server dan dapat diakses meleui komputer Client, berbeda dengan Database Dekstop dimana segala pemrosesan data dilakukan dikomputer yang bersangkutan.
MySQL juga termasuk kedalam RDBMS (Relational Database Management System) dimana memungkinkan membuat hubungan antar tabel dalam suatu database, dengan demikian dapat mempercepat pencarian suatu data dari berbagai tabel.

Untuk mengelola database MySQL kita bisa menggunakan bahasa SQL (Structured Query Language) atau dapat diartikan Bahasa Permintaan Yang Terstruktur), Adapun Bahasa SQL akan kita bahas pada kesempatan mendatang.

Sekian dan Terima kasih.

Semoga bermanfaat.