Wednesday, November 25, 2015

Cara Membuat Daftar Isi Pada Microsoft Office 2007

Setelah sekian lama tidak menulis artikel, baru tadi pagi keinginan untuk menulis artikel kembali menggebu, akan tetapi dampak dari terlalu lama tidak posting artikel, saya pun kebingungan "Apa yang akan saya posting?", Ketika saya kebingungan mencari materi untuk diposting, Adik saya yang masih duduk di kelas 3 MTs bertanya tentang "Bagaimana membuat daftar isi secara otomatis di Microsoft Office (Word)?".

Setelah saya membimbing adik saya untuk membuat daftar isi untuk tugas makalahnya, saya pun berpikir mungkin diluar sana masih banyak yang belum tahu Cara membuat daftar isi secara otomatis pada microsoft Office, Maka saya pun ingin berbagi tentang cara membuat daftar isi tersebut, berikut langkah -langkah pembuatannya.

  1. Pertama-tama buka dulu Microsoft Office, kemudian sebelum mengetik apapun yang akan anda tulis, terlebih dahulu setting Judul, dan Sub Judul untuk makalah ataupun karya tulis anda, Judul dan Sub Judul inilah yang akan ditampilkan pada halaman daftar isi dari makalah atau karya tulis anda,
  2. Setting Heading 1 sebagai Judul, ini merupakan langkah untuk mengatur Format penulisan baik jenis huruf, ukuran huruf , warna huruf dan yang lainnya. langkah ini penting dilakukan sebab ini akan sangat berpengaruh terhadap tampilan Judul atau Bab pada karya Tulis/ Skripsi anda, Caranya : Klik Kanan pada Heading1 -> Klik Modify -> Atur format huruf dan yang lainnya, untuk lebih jelas lihat gambar dibawah ini :

    • Setting Heading 2 sebagai SubJudul1, Langkah ini pun tidak jauh berbeda dengan langkah pembuatan judul pada point sebelumnya, akan tetapi alangkah lebih bagus apabila ukuran huruf sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan Judul, Caranya : Klik Kanan pada Heading1 -> Klik Modify -> Atur format huruf dan yang lainnya untuk lebih jelas lihat gambar dibawah ini :
    • Setting Heading 3 sebagai SubJudul2, Lakukan hal yang sama dengan langkah Setting SubJudul1, (Apabila anda ingin menambahkan sebJudul sesuai keinginan anda, lakukan Langkah pembuatan SubJudul1)
    • Setting Normal untuk Isi Karya tulis/ Skripsi anda, Caranya : Klik Kanan pada Heading1 -> Klik Modify -> Atur format huruf dan yang lainnya, Lihat Gambar dibawah ini:





  1. Setelah langkah Pertama selesai dilakukan, sekarang anda bisa mulai menulis/ mengetik Karya Tulis/ Skripsi anda, Saran saya, ketik terlebih dahulu semua Karya Tulis/ Skripsi anda hingga selesai.
  2. Setelah semua isi Makalah/ Skripsi anda selesai diketik, langkah selanjutnya adalah mengatur mana saja yang akan dijadikan Judul, SubJudul 1, SubJudul 2,..dsb, berikut langkah langah tersebut:

    • Membuat Judul: Drag/Blok semua kata yang akan anda jadikan Judul (misalnya: Bab1,2,3 ...dst), setelah semua kata di Drag/Blok, kemudian Klik Heading1,
    • Membuat Subjudul 1 : Drag/Blok semua kata yang akan anda jadikan SubJudul1 (misalnya : pada Bab1 terdapat SubJudul Pendahuluan, batasan masalah...dll), kemudian Klik Heading2,
    • Lakukan hal yang sama pada SubJudul2 dan Isi dari makalah/ Karya tulis anda sampai selesai





  3. Menentukan posisi halaman untuk halaman daftar isi, langkah ini merupakan langkah untuk mememtukan dihalaman manakah daftar isi akan dibuat, pada umumnya jika kita menulis Makalah/ Skripsi maupun Karya Ilmiah posisi daftar isi diletakan setelah Kata Pengantar, akan tetapi untuk saat ini saya akan meletakkan daftar isi di halaman paling depan, berikut langkah langkahnya:
    • Letakan Kursor/ Mouse pada halaman paling depan,
    • Klik Menu References -> Klik Table Of Content ->  Klik Automatic Table 1 (sesuaikan dengan keinginan anda)
    • Maka Daftar Isi selesai dibuat.

  4. Jangan lupa rapikan halaman daftar isi tersebut, jangan sampai ada Isi Karya Tulis/ makalah tertinggal di halaman daftar isi.
Untuk saat ini mungkin sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat ....
Terima kasih..

No comments: